Pages

Minggu, 25 November 2007

22 november 2007.

Bismillahirrahmaanirrahim.

In the name of Allah; the most gracious, the most merciful.

Tepat setahun kakek anin berpulang, menghadap Allah, sang pemilik segala. Kangen kakek sungguh. Kek, sekarang anin udah kuliah, di Jogja. Jauh dari bapak, mama, nenek, jauh dari rumah. Kek, anin kangen kakek... Kakek yang kuat, tapi selalu manjain kita. Kakek yang keras, tapi terus senyum walaupun kita ngelakuin kesalahan. Kek, sungguh anin inget hari-hari itu. Hari-hari dimana kakek masih ada di sini. Waktu kita masih kecil, kita main ke rumah kakek.. Tapi selalu aja ngerengek buat cepet pulang, Cuma buat nonton tv. Padahal di rumah kakek juga ada tv, padahal kakek-nenek bilang “kok cepet banget pulangnya? Nanti ajalah..” Tapi tetep,, kita merengek pulang. Sungguh kek, anin menangisi hari-hari itu. Hari yang seharusnya anin bisa lebih lama lagi bersama kakek.. Kek, anin sayang kakek sangat.

Anin kangen sama kakek,, walaupun saat-saat terakhir anin bisa ketemu kakek, kakek udah ga inget sama anin, sama kita-kita. Kanker itu udah gerogotin tulang belakang, paru, sampe akhirnya otak kakek. Anin sayang kakek. Anin inget ramadhan itu, ramadhan terakhir kakek ada di deket kita. Ramadhan, yang seharusnya kita biasa makan pempek pas buka bareng di rumah kakek, tapi kakek malah harus stay di rumah sakit, ngeraung, kesakitan. Hari terakhir dari ramadhan terakhir kita bareng, waktu malam takbiran itu, kakek kita bawa pulang biar bisa lebaran di rumah.. Di komplek timah blok CC no. 4 itu kek, di lantai bawah, setelah semua infus kepasang, pas ambulans siap balik,, tiba-tiba kakek kejang. Ga, anin ga pernah ngeliat orang kejang. Kakek keliatannya sakiit banget. Kami pun merasakan sakit itu kek. Tapi kami bisa apa? Cuma bisa nangis, ga bisa ngelakuin apa-apa lagi. Sungguh, kami telah ikhlas kalo kakek dipanggil-Nya saat itu. Kami sedih, kami ga mau ngeliat kakek sakit kayak gitu. Sayang kakek..

Malam lebaran itu, waktu anin ikut nginep di rscm, anin baru sadar,, bahwa ternyata banyak orang yang ngerasa sakit kayak kakek. Padahal besok lebaran.. Padahal besok lebaran. Malam lebaran yang biasanya dilewatin dengan bahagia di rumah, bareng keluarga. Tapi malam itu, anin sadar, it IS the real life. Ada yang ketembak, ada yang mukanya kena pemukul baseball, dan ada banyak orang-orang lain yang juga harus nginep, kesakitan, kayak kakek. Dan ada dokter jaga, dengan sendal jepitnya itu, yang ga tidur, ngabisin malam lebaran di rumah sakit dan bukan di rumah bahagia mereka, ngurusin orang yang bahkan ga mereka kenal. Sungguh kek, anin kagum. Anin ingin bisa berkorban dan menolong banyak orang seperti mereka…

Lebaran tahun lalu pun jadi lebaran pertama anin di rumah sakit. Waktu wajah kakek keliatan lebih cerah, banyak orang yang dateng, walaupun kakek pun ga inget itu siapa. Waktu kakek bilang, kalo sakitnya udah berkurang, walaupun sebenernya itu karena dosis morfin yang ditambah, kek. Ya, lebaran pertama anin di rumah sakit itu jadi lebaran terakhir anin sama kakek..

Karena hari itu tiba. Hari Rabu, 22 November 2006. Jam pelajaran kimia, jam pelajarannya bu desry. Jam-jam keramat buat ngantuk, ngobrol,apalagi ngangkat hp. Tp waktu itu anin nekat angkat hp.. ngejawab telepon dari rumah. Kabar itu kek, kabar kalo kakek udah ga kesakitan lagi. Kabar kalo kakek udah dipanggil sama Allah. Kabar kalo kita ga bakal punya ramadhan dan lebaran lagi sama kakek.. Betapa anin kehilangan. Betapa kami kehilangan.. Sungguh.

Sekarang udah tepat setahun kakek ga ada. Kek, anin kangen sama kakek. Nenek juga pasti kangen banget sama kakek..

Kakek, disana gimana? Bahagia kan? Bahagia, ya kek. Moga sakitnya kakek yang bahkan ga bisa dihapus morfin waktu dulu itu ngegugurin dosa-dosa kakek.. Dan bikin kakek bahagia sekarang,, disana.

Semoga nanti, pas udah saatnya anin nyusul kakek.. Anin bisa bahagia. Anin udah ngebantu orang banyak orang, anin udah ngebahagiain mama bapak, dan anin udah bener-bener siap menghadap-Nya,, menghadap pencipta kakek, anin, dan semua, Allah subhanahuwata’ala. Amiin.

Allah, kumpulkanlah kami semua di syurga-Mu.

Kabulkanlah ya Allah..

Kabulkanlah ya Allah..

Kabulkanlah ya Allah..

22 November 2007, tepat satu tahun setelah kakek tersayang terbaring kaku ke kanan, menghadap kiblat, mencium tanah.. ý

* Terimakasih anin yang sangat untuk Annissa Milki Azizah, yang sudah menegarkan anin sejak kakek sakit hingga kakek berpulang, bahkan hingga sekarang. Terimakasih pula kepada ibundanya, yang sungguh hebat menjalani setiap peran dalam kehidupan beliau. Berkahilah mereka, ya Allah. Amiin.

Tidak ada komentar: